Kuliner Legendaris Indonesia – Ayam Betutu

Ayam Bali

Kuliner Dari Bali Yang Mendunia

Namanya dikenal dengan Betutu. Siapa yang tidak kenal dengan masakan asal Bali ini? Betutu sendiri adalah sebuah masakan yang pada jaman dahulu dimasak menggunakan daging ayam ataupun daging bebek. Yang masih utuh dengan bumbu bumbu dan rempah rempah yang sangat khas Bali. Salah satu produsen pertama kali yang menyebarkan makanan yang satu ini adalah desa Melinggih, kecamatan Payangan, Gianyar. Kata dari Betutu sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari kata tunu yang dapat diartikan dengan arti bakar dan serta dirangakai yang diawali dengan kata be yang berarti daging, sehingga dapat diartikan betutu adalah sebuah daging yang dirangkai sedemikian rupa dan akhirnya dibakar. Pada nilai nilai budaya dan adat pada daerah Bali, ayam betutu ini digunakan sebagai salah satu sajian pada sebuah acara keagamaan dan adat serta sebagai sebuah hidangan yang dijual belikan. Menurut tradisi khas dari Bali, makanan yang telah menjadi santapan legendaris di indoenesia ini adalah sebuah makanan yang pada jaman dahulu digunakan untuk upacara seperti acara odalan, otonan, ataupun perkawinan. Akan tetapi dengan kenikmatannya tersebut, sebagian besar masyarakat Bali memperjual belikan betutu karena banyak peminatnya.

Ayam Betutu Bali

Ayam Betutu Terlezat di Bali

Ayam betutu sendiri pada saat ini sudah terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah seperti ayam betutu kuah, ayam betutu bakar, ayam betutu goreng, dan ayam betutu gilimanuk. Ke 4 macam menu tersebut tentunya memiliki kenikmatan tersendiri dimana cita rasa dari Bali menonjol pada ke 4 makanan ini. Pada masakan ayam betutu kuah, kita akan dapatkan rasa yang kental akan kunyit dan sereh serta jeruk nipis, dimana ayam atau bebek betutu kuah ini akan terasa pedas dan segar saat kita santap. Hampir menggunakan metode yang sama dengan memasak rendang, ayam / bebek betutu khas Gilimanuk ini menggunakan metode ayam yang direbus hingga air surut dan habis, yang membuat dagingnya sangat empuk dan lunak. Ayam betutu juga bisa dihidangkan dengan cara digoreng, dimana ayam yang telah dilumuri oleh bumbu bumbu seperti kunyit, serai, daun jeruk, kunyit dan kemiri akan digunakan pada proses pembuatannya yang akan membuat ayam betutu goreng ini akan berwarna kekuningan dan akan terasa sedikit segar. Tidak hanya digoreng dan dimasak, ayam / bebek betutu juga bisa dibakar. Menggunakan campuran gula merah sebagai bahan memasaknya, menjadikan bumbu akan menempel pada daging yang dibakar dan tentunya akan menimbulkan sebuah rasa yang sangat menggugah selera.

Nah, jika para kulinaris sekalian ingin mencoba makanan khas Bali yang satu ini, maka kalian harus langsung cobai sendiri di Bali agar lebih nikmat rasanya. Untuk itu kami akan berikan para kulinaris rekomendasi terbaik yang kami miliki untuk menyantap makanan khas Bali ini. Para kulinaris bisa menyantap makanan yang lezat ini pada :

  1. Ayam Betutu Men Tempeh

Adalah salah satu pelopor ayam betutu, sehingga rasa sudah dapat dipastikan enak dan original.

Lokasi : Gilimanuk, Melaya, Jembrana, Bali

Telp : 085238444335

  • Bebek Tepi Sawah

Tidak hanya menyediakan hidangan yang sangat lezat disantap, lokasi dari Bebek Tepi Sawah ini berada dekat dengan alam terbuka sehingga kalian akan merasa rilex ketika menyantap makanan dengan udara dan pemandangan yang sejuk dimata.

Lokasi : Jl. Raya Goa Gajah, Br Teges, Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali
Telp : 975656

  • Ayam Betutu Pak Man

Tidak hanya lezat, ayam betutu pak man menyediakan porsi yang sangat besar, sehingga kalian akan dijamin puas untuk menyantapnya.

Lokasi : Jl. Kubu Anyar, Tuban, Bali

Telp : 03618002000 Nah, itulah 3 lokasi yang kami rekomendasikan kepada kalian dimana kalian bisa menyantap ayam betutu dengan nikmat.