Kuliner Legendaris Indonesia – Gemblong

Gemblong khas Indonesia

Kue Khas Yang dapat di temui hampir di semua daerah

Kali ini kuliner legendaris Indonesia hadir dari pulau jawa, tepatnya yaitu pada bagian timur dari jawa, yaitu kue Gemblong. Nah, bagi kalian yang belum tau, kue gemblong itu adalah sebuah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan putih. Dalam pembuatannya, ketan putih ini adonannya diulin terus menerus hingnga beras ketan tersebut menjadi kalis, dan kemudian setelah adonan menjadi kalis, adonan kemudian dibentruk menjadi seperti bola, setelah itu Gemblong akan siap untuk digoreng. Secara tidak terduga, tenyata Gemblong ini memiliki kembaran yang bernama Getas, terbuat dari ketan hitam, Getas memiliki tekstur yang hampir mirip dengan Gemblong dan memiliki topping gula merah yang sama. Makanan tradisional kita tentunya terdapat dari berbagai macam jenis dan tentunya sangat unik, seperti contohnya Gemblon yang satu ini. Akan tetapi sayang sekali, untuk Gemblong sendiri sejarahnya hingga pada saat ini tidak diketahui siapa yang mempeloporinya, dan entah siapakah yang memberikan nama Gemblong pada kue yang pada saat ini menjadi salah satu kuliner legendaris di Indonesia.

Gemblong pada saat ini adalah salah satu makanan legendaris yang termasuk dalam daftar jajanan pasar Indonesia. Dari jaman dahulu hingga sekarang, jajanan pasar yang simple ini adlaah sebuah hidangan yang sangat digemari oleh masyarakat diberbagai daerah yang terdapat banyak penjual Gemblong. Tidak hanya itu, mereka yang pernah merasakan kenikmatan dari hidangan yang satu ini pastinya juga akan mencari pada daerahnya masing masing dan tentunya jika bisa, mereka pastinya akan mencoba untuk membuat hidangan yang legendaris yang satu ini karena hidangan yang satu ini bisa dibilang cukup mudah untuk dihidangkan.

Kue Gemblong

Kue Tradisional

Gemblong ini biasa digunakan sebagai bahan sarapan karena dinilai cukup mengenyangkan karena menggunakan beras ketan putih sebagai salah satu bahannya dan juga gula merah sebagai toppingnya yang tentunya makan 2 buah saja bisa membuat kenyang kita, selain itu hidangan yang satu ini juga kerap kali menjadi hidangan sore hari sebagai teman minum kopi pada jaman dahulu kala. Makanan yang satu ini akan sangat mudah kalian temukan sebagai takjil pada saat bulan puasa tiba sebagai pembuka puasa.

Nah, bagi para kulinaris yang ingin mencoba kuliner legendari Indonesia kali ini, kalian tidak perlu pergi jauh jauh atau repot repot jika didaerah kalian sulit untuk menemukan makanan daerah yang satu ini, karena saat ini sudah terdapat resep yang bisa kalian cobai dirumah masing masing sehingga kalian bisa menyantap hidangan ini dengan selera dan variasi kalian sendiri. Bahan bahan untuk membuat gemblong adalah sebagai berikut :

  1. Bahan Kue Ketan

100ml santan cair yang mendidih

2 sendok teh air kapur sirih

1 sendok teh garam

½ butir kelapa parut

200gr tepung ketan

2 sendok makan tepung sagu Cara membuatnya, kalian bisa mencampurkan seluruh bahan. Setelah itu tuankan santan cair hangat secara perlahan. Uleni adonan dari ketan tersebut hingga dapat dibentuk menjadi bola bola sebesar telur ayam lalu pipihkan sedikit. Setelah itu kalian bisa menggorengnya dalam minyak. Nah, untuk salut atau sausnya sendiri, kalian bisa variasikan sesuai keinginan kalian. Jika kalian menginginkan yang original maka kalian bisa memanaskan 150gr gula merah bersama dengan 75gr gula pasir dan 50ml air. Setelah gula cair, maka kalian bisa mencampurkan adonan ketan yang sudah digoreng tadi  kedalam gula dan gemblong siap untuk dihidangkan.