Kuliner Legendaris Indonesia – Wedang Ronde

Wedang Ronde Yang Nan Lezat

Kuliner Khas Nusantara

Wedang Ronde adalah sebuah makanan tradisional Indonesia. Terdiri atas kuah yang bernama Wedang, pastinya kalian sudah ketahui minuman yang berasal dari jahe ini yang biasa di minum hangat hangat untuk menghangatkan tubuh. Terpengaruh oleh budaya China, minuman ronde yang hangat tersebut yang nikmat saat diminum saat cuaca dingin melanda di inovasikan kembali menjadi sebuah hidangan yang lezat. Mirip sekali dengan santapan dari budaya China yang bernama Tangyuan, ronde dalam wedang ronde juga terbuat dari tepung ketan dicampur sedikit air, lalu diberikan isian, di bentuk bola kemudian direbus. Isian dari ronde sendiri ada yang menggunakan kacang ataupun gula merah saja, dan untuk ronde yang berbentuk lebih kecil, biasanya tidak akan diberikan isian.

Makanan Khas Nusantara Wedang Ronde

Resep Wedang Ronde

Di China sendiri, santapan lezat ini memiliki 2 nama, yaitu Yuanxiao yang berasal dari nama festival oleh penduduk china bagian utara, dan bagi penduduk china bagian selatan menyebutnya dengan sebutan Tangyuan. Hidangan hangat ini biasanya di china dihidangkan dan disantap bersama dengan keluarga. Di China, bentuk ronde yang bulat dapat diartikan dengan kebersamaan keluarga. Jadi bisa dikatakan ketika kalian menyantap wedang ronde, kalian tidak hanya memakan hidangan yang sedap saja, akan tetapi juga terdapat makna didalamnya.

Di Indonesia, wedang ronde sangat terkenal pada daerah jawa tengah. Dari semarang hingga jogja mengenali hidangan yang pastinya akan disantap ketika cuaca dingin melanda. Menurut kabar yang beredar, adanya ronde di Indonesia ini dikarenakan adanya sebuah akulturasi kebudayaan karena banyaknya orang china yang berada di Indonesia. Dari daerah jawa tengah, biasanya Ronde ini terdiri atas kuah ronde yang hangat, roti tawar yang di potong dadu, kacang yang telah di cah cah, susu kental manis, serta kolang kaling. Biasanya para penjual ronde ini akan menjual dagangannya pada malam hari, karena dinilai pada malam hari cuaca cukup dingin pada daerah jawa tengah dan akan semakin mantap jika kita menyantapnya pada malam hari.

Wedang ronde sendiri memang merupakan sebuah hidangan yang sangat sering kita jumpai jika kita mengunjungi daerah jawa tengah, akan tetapi bagaimana dengan daerah lainnya? Bisa dibilang pada jaman dahulu kala masih banyak sekali para penjual dagangan wedang ronde yang berkeliling malam hari, akan tetapi dengan adanya perkembangan jaman, membuat hidangan lezat yang satu ini semakin terlupakan, sehingga bisa dikatakan pada beberapa daerah di Indonesia, wedang ronde sangat sulit untuk ditemukan.

Nah, bagi kalian yang menghadapi kesulitan untuk menemukan hidangan wedang ronde ini, maka kalian bisa membuatnya sendiri, sehingga kalian tidak perlu repot repot menunggu lama untuk menyantap hidangan lezat yang satu ini. Untuk membuat wedang ronde, maka kalian bisa menyediakan bahan sebagai berikut :

  1. Wedang :
  2. 400gr gula pasir
  3. 4 lembar daun pandan
  4. 2L air
  5. 400gr jahe, dibakar dan dimemarkan
  6. 1sdt garam
  7. 6 batang serai yang di memarkan
  8. Ronde :
  9. Kulit
  10. ¼ sdt garam
  11. 2 tetes pewarna A
  12. 2 tetes pewarna B
  13. 135ml air hangat
  14. 150gr tepung ketan putih
  15. Isi
  16. 25gr gula pasir
  17. 50gr kacang tanah kupas
  18. 1/8sdt garam
  19. Bahan Pelengkap :
  20. 25gr sagu Mutiara merah
  21. 3 buah roti tawar tanpa kulit, potong kecil kecil sesuai selera
  22. 1 kaleng (200gr) lengkeng, tiriskan
  23. 200gr kolang kaling

Itulah beberapa bahan yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat Wedang Ronde bagi kalian yang sulit untuk menemukan pedagang wedang ronde. Untuk artikelnya sampai disini dahulu, baca artikel kami yang lainnya yang pastinya tidak kalah menarik dari artikel yang satu ini.