Kuliner Legendaris Indonesia – Wingko Babad

Wingko Babad Cap Kereta Api

Cemilan Khas Indonesia

Memiliki Slogan The Beauty of Asia, kota Semarang yang kita kenali dengan berbagai jenis keragamannya ini tentunya memiliki berbagai kekhasan yangterdapat pada Bahasa, pakian, bentuk rumah, serta santapan masyarakatnya sehari hari. Dikenal dengan berbagai macam makanan khasnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kota Semarang dimana terdapat banyak sekali orang yang berjualan salah satu makanan legendaris Indonesia yang akan kita bahas kali ini, yaitu sebuah kue yang hampir mirip dengan pancake, akan tetapi terbuah hampir seluruhnya dari kelapa, ya, kue tersebut adalah kue Wingko Babad.

Wingko Babad Khas Indonesia

Sejarah Wingko Babad

Masih banyak dipertanyakan oleh banyak orang, Wingko Babad pada saat ini masih diperbincangkan apakah kue yang satu ini sebenarnya berasal dari mana. Hanya dengan mendengar serta membaca label yang bertuliskan wingko babad saja, seharusnya kita sudah mengetahui jika asal dari Wingko Babad adalah berasal dari kota Babad yang berada di dekat Tuban, Jawa Timur. Nah, apabila kita melihat sejarahnya, wingko babad ini bukanlah sebuah jajanan yang berasal dari Semarang. Hingga sekarang, Wingko babad ini dijual didaerah Babad, maka dari itu wingko terkenal dengan nama Wingko Babad.

Jika memang dari daerah babad, mengapa Wingko babad bisa menjadi populer di Semarang? Nah, bagi kalian yang belum mengetahuinya, pada tahun 1946 terdapat sekeluarga Tionghoa yang berasal dari daerah babad datang ke Semarang, dan disemarang belum ada yang menjual kue Wingko Babad ini. Kue tersebut di jualnya dari rumah ke rumah, selain itu juga di titip jual di berbagai toko kecil yang menjual makanan di sekitar stasiun kereta api dimana yang menjadi budaya sekarang jika seseorang turun dari kereta, maka akan banyak sekali yang menjajakan wingko babad dan menawarkan makanan tersebut. Dengan banyaknya minat dari masyarakat sebagai pembeli kue wingko, akhirnya kue wingko babad ini diproduksi secara masal dan akhirnya kue wingko babad ini banyak dicari sebagai oleh oleh yang berasal dari Semarang dan dari sinilah kebanyakan orang berpikir bahwa wingko babad adalah sebuah hidangan yang berasal dari kota Semarang yang sebenarnya adalah berasl dari kota Babad, Lamongan, Jawa Timur. Seperti bakpia yang berada di Yogyakarta yang sangat menjamur pada beberapa daerah, wingko babad juga diyakini menjamur pada beberap daerah di kota Semarang, dan kalian bisa mencoba untuk mengunjungi daerah Kawasan jalan Pandanaran dimana wingko babat dengan berbagai macam merk banyak dijual. Nah, biasanya wingko babad akan dijual berdampingan bersama dengan bandeng presto khas Semarang. Nah, bagi yang tidak tahu, wingko khas ini sebenarnya pada jaman dahulu hanya tedapat rasa originalnya saja, akan tetapi dengan seiring perkembangan jaman yang ada, pada saat ini telah terjadi perkembangan rasa dari wingko babad ini, yaitu dengan rasa durian, cokelat, Nangka, pisang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk rekomendasi bagi para kulinaris, wingko babad yang paling terkenal adalah cap kereta api. Wingko ini telah ada sejak dahulu kala yang dapat kalian kenali dengan logo kereta api, dan biasanya dapat kalian temukan pada daerah stasiun kereta api. Nah, wingko yang satu ini memiliki rasa seperti vanilla dan Nangka sebagai variasi lainnya selain yang sudah kami sebutkan diatas. Nah, untuk pembahasan mengenai wingko babad sampai disini dahulu, sampai jumpa lagi pada artikel mengenai makanan legendaris Indonesia berikutnya.